Etika Dalam Sebuah Milis Ketika Terjadi Sebuah Perdebatan

No Comments
Etika Dalam Sebuah Milis (Grub Chat) Ketika Terjadi Sebuah Perdebatan.


Misal dalam sebuah milis yang anggotanya terdiri dari para cendekiawan atau orang berpendidikan, terjadi sebuah perdebatan yang disebabkan oleh salah satu orang dalam milis tersebut yang mengirim sesuatu yang berbau pornografi. Jika hal itu terjadi, langkah apa yang akan anda lakukan jika posisi anda :

1.       Jika anda seorang administrator (admin) milis tersebut.
2.       Jika anda anggota milis yang terlibat perdebatan.
3.       Jika anda anggota milis yang tidak terlibat perdebatan tersebut.



Sebelum kita menjawab apa yang kita lakukan ketika kita berada pada posisi-posisi diatas, alangkah baiknya kita mengenal apa itu milis / Miling List.

- Pengertian

Milis (bahasa Inggris: mailing list) adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama. Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak. Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers. Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya. Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.

- Sejarah

Pada tahun 1987-1988, ketika Internet masih belum berkembang seperti sekarang ini, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley, California, Amerika Serikat membentuk mailing list Indonesia yang pertama dengan alamat e-mail indonesians@janus.berkeley.edu. Berawal dari milis pertama di Janus diskusi-diskusi antar teman-teman mahasiswa Indonesia di luar negeri pemikiran alternatif berserta kesadaran masyarakat ditumbuhkan. Pola milis ini ternyata terus berkembang dari sebuah milis legendaris di janus, akhirnya menjadi sangat banyak sekali milis Indonesia terutama di host oleh server di ITB & egroups.com. Milis ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia. Persatuan komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri terbentuk dengan adanya fasilitas diskusi maya ini. Awal diskusi sangat membangun dan berjiwa nasionalis. Tema-tema yang diangkat lebih banyak mengenai dialog antarumat beragama.

- Macam Milis

Ada dua macam pengertian jenis milis.

Sebagai daftar pengumuman, di mana sebuah "mailing list" yang digunakan banyak orang sebagai penerima untuk buletin, majalah atau iklan. Secara tradisional, hal ini dilakukan melalui sistem pos, tetapi dengan munculnya e-mail, milis elektronik menjadi populer.
Sebagai sarana yang memungkinkan anggota untuk melakukan meng-unduh dan memuat data yang didapat kemudian disiarkan ke semua anggota milis lain. Kategori kedua ini biasanya dikenal sebagai daftar diskusi.

Contoh dari milis sendiri adalah group Yahoo, group Google, dan lain sebagainya.

- Kegunaan Milis

Melalui milis, dapat diketahui beragam informasi, mulai dari lowongan pekerjaan, lowongan magang, hingga berita-berita terbaru mengenai suatu isu yang sedang hangat diperbincangkan.

(Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Milis)


Setelah mengenal milis, langsung saja kita jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

1. Sebagai seorang Admin milis yang harus kita lakukan ketika terjadi sebuah perdebatan oleh sesama anggota milis adalah :

        => Menjelaskan beberapa peraturan yang terdapat dalam milis dengan cara membuat sebuah teks atau gambar atau notifikasi khusus yang berisi sebuah peraturan dalam grup milis.

        => Kita harus tau masalah apa yang menjadikan sebuah perdebatan oleh anggota milis.

        => Memberikan solusi yang baik dari permasalahan tersebut baik di diskusikan dengan anggota milis yg lain ataupun di tanyakan kepada orang yang mengetahui bagaimana cara memecahkan masalah tersebut.

        => Admin harus menghapus gambar atau tulisan yang menjadi sumber permasalahan.

        => Jika memang perdebatan tersebut masih berkelanjutan maka seorang Administrator milis harus memberitahukan agar di teruskan ke jalur chat pribadi antara anggota yang berdebat.

        => Jika perdebatan masih berkelanjutan, admin harus mengambil keputusan untuk mengeluarkan kedua belah pihak yang saling berdebat, karena sudah melanggar etika dalam ber milis di sebuah grup ataupun forum karena dapat mengganggu kenyamanan anggota milis yang lain.

2. Sebagai Anggota milis yang terlibat seharusnya bersikap:

        => Terlebih dahulu memberitahukan admin milis tentang pokok masalah perdebatan, sehingga agar tidak terjadi proses penyalahan admin karena tidak bisa memberikan solusi tentang pokok masalah perdebatan.

        => Harus bisa mengontrol emosi dan ego sehingga tidak menyebabkan keluarnya kata-kata kotor yang seharusnya tidak boleh di ucapkan.

        => Lebih etisnya membahas masalah yang menjadi perdebatan tersebut secara langsung dengan menghubungi seseorang yang menjadi lawan perdebatan sehingga tidak mengganggu kenyamanan anggota lain.

        => Memohon maaf kepada anggota milis lain karena mungkin mengganggu kenyamanan mereka.

3.  Sebagai Anggota Mailing List yang tidak terlibat perdebatan seharusnya bersikap:

        => Langsung Menghubungi admin milis dengan memberitahukan adanya sebuah perdebatan di dalam grup mailing list.

        => Memberikan sedikit saran dan solusi yang baik tentang masalah perdebatan tersebut kepada anggota mailing list yang terlibat.

        => Menenangkan anggota mailing list yg lain agar tiduk ikut campur ataupun semakin memperkeruh suasana.

        => Menghubungi langsung anggota yang terlibat perdebatan agar tidak meneruskan perdebatan tersebut agar tidak mengganggu anggota grup mailing list yang lain.

back to top